Indahnya efek kebocoran cahaya dalam photography

Indahnya efek kebocoran cahaya (leak effect)

Kebocoran cahaya dalam fotografi sangat populer. Bahkan disengaja oleh para photographer untuk menambahkan taste pada hasil karya mereka, beberapa photographer benar-benar mensimulasikan efek tersebut selama proses editing untuk memperkuat karakter vintage dan retro clasic pada foto mereka.

Sebuah cahaya kebocoran ringan, umumnya terkait dengan kamera model Holga, suatu area didalam body kamera yang cahaya dapat meresap kedalam dan terekam oleh film 35mm selama mengekspos. Kebanyakan masalah ini, dianggap sebagai masalah besar / serius, dan biasanya harus diperbaiki melalui penggantian busa diantara tutup bagian belakang kamera dengan bodi kamera.

Khususnya pada kamera Holga, daerah yang paling umum kebocoran cahaya terletak di sudut bagian depan kamera, sambungan antara punggung dan tubuh kamera, dan tutup di bagian belakang kamera.

Beberapa orang menganggap kebocoran cahaya di kamera seperti model Holga menjadi artistik, karena itu meninggalkan efek cahaya berwarna warni yang tak disengaja tapi dapat menambahkan nilai tersendiri pada hasilnya. Di lain pihak yang kontra, ini merupakan kesalahan dan sangat mengganggu oleh karena itu mereka menutupi body kameranya dengan lakban hitam atau Velcro.

Dan ini ada beberapa contoh hasil karya photographer yang mungkin bisa sebagai bahan inspirasi kita dalam berkarya.
Selamat menikmati





VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 10.0/10 (1 vote cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
Indahnya efek kebocoran cahaya dalam photography, 10.0 out of 10 based on 1 rating

1 comment for “Indahnya efek kebocoran cahaya dalam photography

  1. wedding photography bali
    May 29, 2012 at 7:53 am

    stunning pictures

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *